MENGENAL MYOB ACCOUNTING
Pengertian MYOB Accounting
Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan
pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan
MYOB Accounting versi 15 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap
memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukkan daftar akun,
pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai
pada laporan keuangan seperti neraca, labarugi dan sebagainya.
Membuat Data Perusahaan pada MYOB
Langkah – langkah yang harus dilakukan :
Klik tombol start
Pilih all program> MYOB Accounting v15 > MYOB Accounting v15
Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses
· Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada
· Create, untuk membuat data perusahaan baru
· Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
· What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi 12 ini
· Exit, untuk mengakhiri program MYOB
Klik tombol create new company file, klik next
Klik company information lalu masukkan data perusahaan. Setelah itu klik next
Lalu masukkan periode akuntansi, dan klik next bila sudah selesai
Klik tombol save. Klik next
Selanjutnya akan tampil informasi proses telah selesai
Mengenal Area Kerja MYOB Accounting v 15
Setelah anda membuat data perusahaan pada MYOB, Anda perlu mengenal area
kerja pada MYOB Accounting v15 sebelum anda memindahkan data perusahaan
ke dalam MYOB Accounting.
Mengakhiri Program MYOB Accounting v 15
Untuk mengakhiri anda ikuti langkah sebagai berikut:
Klik file > Exit
Kotak dialog konfirmasi akan tmapil, klik tombol yes
MYOB akan menampilkan kotak informasi lagi, kemudian tandai option
backup all data dan check company file for errors, klik tombol continue
Kotak konfirmasi MYOB accounting ditampilkan, yang memberitahukan bahwa tidak terjadi kesalahan dalam data anda. Klik ok
Kotak dialog backup ditampilkan, ketik nama file absolute pada kotak file name, klik save
Proses backup dilakukan setelah selesai aplikasi MYOB accounting akan langsung tertutup.
CARA PEMBUATAN PERUSAHAAN BARU
Setelah anda membuat file data baru, langkah berikutnya adalah
memasukkan data-data dasar dan mengaturnya sehingga sesuai dengan sistem
kerja yang ingin diterapkan. Beberapa data dasar utama yang harus
disiapkan adalah Daftar Perkiraan (Chart of Accounts), Daftar Pelanggan,
Supplier dan Karyawan serta Daftar Item/Barang.
Untuk mempersiapkan data dasar secara baik, anda perlu mengetahui
field-field data yang diperlukan untuk setiap jenis data, dan cara
termudah untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan ekspor data
melalui menu File > Export Data > …. , dengan cara ini anda akan
mendapatkan struktur data dalam format Text File. Untuk mempermudah
penyusunan, buka Text File menggunakan aplikasi spreadsheet, misalnya MS
Excel.
Chart of Accounts / Daftar Perkiraan
Tidak seluruh field data tersebut kita butuhkan dalam proses persiapan
data dasar, pada data daftar perkiraan (CoA), field/kolom yang anda
perlukan, antara lain :
Account Number, Kolom ini merupakan Key Field untuk data daftar
perkiraan, berisi no. perkiraan yang terdiri dari 5 (lima) angka, dengan
angka pertama menunjukkan kelompok perkiraan yang diwakilinya.
Account Name, Kolom Nama Perkiraan
Cheque Privileges, Untuk perkiraan Kas/Bank berikan huruf C, sehingga
perkiraan tersebut akan muncul dalam daftar pilihan perkiraan penerima/
sumber pembayaran
Untuk daftar perkiraan yang menyertakan perkiraan dalam mata uang asing,
anda perlu menambahkan minimal kedua field di bawah ini :
Currency Code, menunjukkan kode mata uang.
Exchange Account, menunjukkan perkiraan penyeimbang nilai tukar (akan dijelaskan pada manual implementasi selanjutnya).
Pada data daftar perkiraan di atas field Account Number merupakan Key
Field. Field ini harus mempunyai data (Required Field) dan MYOB akan
menggunakan data pada kolom ini sebagai pedoman dalam proses impor data.
Anda tidak boleh mempunyai data yang sama pada field/kolom ini pada
baris data yang berbeda (data pada kolom ini harus unik). Perbaikan pada
key field tidak dapat dilakukan melalui proses impor, anda harus
melakukannya secara manual pada program MYOB.
Daftar Karyawan
Data berikutnya yang perlu anda siapkan adalah daftar karyawan, minimal
daftar wiraniaga/ salesman, yang akan digunakan dalam penyusunan daftar
pelanggan, memiliki field (Key Field):
Last Name, Nama Keluarga / Belakang Karyawan.
Bila anda memerlukan filter untuk melakukan pengelompokkan data,
sehingga anda bisa melakukan analisa maupun membuat laporan secara lebih
rinci, anda dapat menggunakan kolom :
1. Custom List 1 sampai 3, digunakan untuk menampung data yang akan
digunakan sebagai filter dalam pembuatan laporan dan analisa. Misalnya :
Departemen, Group Penjualan, (Spons, Spring), Wilayah pemasaran, dll.
2. Identifiers, Selain menggunakan custom list, anda dapat menggunakan identifier sebagai filter dalam pelaporan dan analisa
Contohnya bila anda mengisikan AF pada field identifiers seorang
karyawan penjualan / salesman, dan A misalnya mewakili produk
Elektronik, dan F mewakili area Bandung Utara, maka salesman masuk dalam
kelompok Salesman barang elektronik untuk area Bandung Utara. Dalam
pembuatan pelaporan anda dapat menggunakan salah satu huruf (Mis.
Laporan penjualan Barang Elektronik), atau menggunakan kedua huruf (Mis.
Laporan penjualan Barang Elektronik di Bandung Utara), anda dapat
menggunakan banyak identifiers pada satu data karyawan (max 26).
Kedua field/kolom dibawah ini bisa ditambahkan :
· First Name, bila anda perlu memisahkan nama depan dan nama keluarga
· Card ID, bila anda menggunakan nomor atau kode karyawan
Last Name dan Card ID pada data karyawan ini adalah conditional field,
sehingga untuk dapat melakukan impor, MYOB mewajibkan salah satu field
berisi data, atau proses impor akan tidak dapat berjalan.
Daftar Pelanggan
Pada daftar pelanggan anda mempunyai conditonal fields yang sama dengan
daftar karyawan, yaitu Co./Last Name dan Card ID, dan biasanya field
Co./Last Name yang selalu berisi data. Struktur data yang biasa
disiapkan adalah sbb:
· Card ID, Kode Pelanggan, bila diperlukan
· Co./Last Name, Nama perusahaan atau nama perseorangan, sebaiknya berformat Nama, PT. atau Nama, Toko
· Addr 1 – Line 1, Alamat Pelanggan, baris 1
· Addr 1 – Line 2,3,4, Alamat Pelanggan, baris 2,3,4 bila diperlukan
· City, State, Phone #1, Postcode, dll, adalah kelengkapan data lain yang bisa anda tambahkan bila diperlukan.
Seperti halnya pada data karyawan, anda dapat membuat filter pelaporan dan analisa melalui :
· Custom List 1 – 3, mis. Wilayah, Jenis Pelanggan, dll., sehingga
anda dapat membuat Laporan penjualan, dll. per Wilayah, atau Analisa per
Wilayah, dll.
· Identifiers, sama seperti pada data karyawan
· Salesperson, Nama salesman untuk pelanggan bersangkutan. Dengan
adanya data ini anda dapat melakukan filtering pelaporan melalui nama
salesman. Nama yang dimasukkan pada kolom ini harus sama persis dengan
nama pada data karyawan, atau anda akan kehilangan link antara keduanya.
· Salesperson Card ID, digunakan sebagai subtitusi field Salesperson.
Untuk membantu pengendalian piutang beberapa field di bawah ini bisa anda gunakan :
· Term - Payment is Due, tipe perhitungan jatuh tempo, gunakan ‘2’
untuk menggunakan tipe jumlah hari jatuh tempo dari tanggal penjualan.
· Balance Due Days, jumlah hari yang diberikan kepada pelanggan untuk pembayaran piutang.
· Credit Limit, memberikan nilai tertinggi saldo piutang yang
diberikan kepada pelanggan. Pada saat pencatatan transaksi anda akan
mendapat peringatan ketika saldo piutang pelanggan tersebut melebihi
nilai Credit Limit.
Field lain yang diperlukan :
· Currency Code, bila anda menggunakan fitur multi currency, maka
anda perlu mengisi kolom ini dengan kode mata uang pelanggan, bila kolom
ini tidak disertakan, MYOB secara otomatis akan menggunakan kode mata
uang lokal. PERHATIAN !!!, bila pelanggan yang sama menggunakan dua mata
uang yang berbeda, anda harus membuat dua data untuk pelanggan yang
sama dengan pembedaan pada kode mata uang.
· Tax Code, masukkan kode pajak yang dikenakan kepada pelanggan
Volume Discount %, nilai pada kolom/field ini akan secara otomatis muncul sebagai potongan / discount harga pada saat penjualan.
Sales/Purchase Layout, dengan menggunakan huruf ‘I’ pada kolom ini anda
akan memperoleh layout invoice penjualan Item / Barang, pada saat
memilih nama pelanggan pada proses pencatatan penjualan, atau pilih
huruf ‘S’ untuk penjualan jasa.
Daftar Supplier
Data Suppler/Vendor mempunyai struktur data yang hampir sama, antara lain dapat terdiri dari :
> Card ID
> Co./Last Name
> Addr 1 – Line 1,2,3,4
> City, State, Phone #1, Postcode, dll
> Custom List 1 – 3
> Identifiers
> Term - Payment is Due
> Balance Due Days
> Credit Limit
> Currency Code
> Tax Code
> Volume Discount %
> Purchase Layout
Daftar Item
Pada data Item, Field yang harus disiapkan adalah :
· Item Number, Kode Barang terdiri dari 30 karakter, merupakan Key Field untuk data item/persediaan.
· Item Name, Nama singkat item yang terdiri dari maks. 30 karakter
· Buy, Isi kolom dengan huruf ‘X’ untuk menandai item yang dibeli (biasanya bahan baku atau barang dagangan).
· Sell, Isi kolom dengan huruf ‘X’ untuk menandai item yang dijual (biasanya barang jadi atau barang dagangan).
· Inventory, Isi kolom dengan huruf ‘X’ untuk menandai item yang masuk dalam daftar persediaan (RM, WIP dan FG) .
· Asset Acct, Merupakan informasi perkiraan persediaan /inventory,
sehingga pada saat pembelian perkiraan ini yang akan menampung nilai
pembelian (diluar PPN) dan berkurang pada saat terjadi penjualan atau
penggunaan barang pada proses produksi.
· Income Acct, Merupakan informasi perkiraan pendapatan/ penjualan
yang akan terkredit sebesar nilai penjualan (diluar PPN) pada saat
pencatatan penjualan.
· Expense/COS Acct, Merupakan informasi perkiraan harga pokok penjualan.
· Pada data Bahan Baku (RM) biasanya hanya kolom Buy dan Inventory
yang ditandai. Dengan menandai kedua kolom ini anda harus menentukan
perkiraan persediaan pada kolom Asset Acct.
·
· Pada data Barang Setengah Jadi (WIP) biasanya hanya kolom Inventory
yang ditandai, dan anda harus menentukan perkiraan persediaan pada
kolom Asset Acct.
·
· Pada data Barang Jadi (FG) biasanya hanya kolom Sell dan Inventory
yang ditandai, dan anda harus menentukan perkiraan persediaan pada kolom
Asset Acct, perkiraan pendapatan/penjualan pada kolom Income Acct, dan
perkiraan Harga Pokok Penjualan pada kolom Expense/COS Acct.
Bila anda ingin menampilkan keterangan item yang lebih lengkap dari pada nama item anda bisa menambahkan deskripsi item.
· Description, field yang dapat menampung deskripsi item sampai dengan 256 karakter (nama item hanya 30 karakter).
· Use Desc. On Sale, tandai dengan huruf ‘X’ untuk menentukan uraian
pada kolom deskripsi yang akan muncul (bukan nama item) pada baris
keterangan faktur.
Seperti halnya pada data-data sebelumnya, anda dapat membuat filter pelaporan dan analisa melalui :
· Custom List 1 – 3
Pada item yang mempunyai perbedaan besaran antara satuan beli dengan
satuan persediaannya atau dengan satuan penggunaan pada produksi, kedua
kolom di bawah ini secara otomatis akan melakukan konversi besaran
tersebut.
· Buy Unit Measure, nama besaran pembelian (mis. Roll)
· # Items/Buy Unit, jumlah item per satuan pembelian (mis. 90 meter / roll), meter adalah satuan persediaan dan produksi.
Demikian pula bila besaran satuan persediaan atau produksi berbeda
dengan satuan penjualan, anda memerlukan kedua kolom di bawah ini untuk
melakukan hal yang sama.
· Selling Unit Measures
· # Items/Sell Unit
Hal lain yang anda dapat tambahkan pada data item / persediaan, antara lain :
· Tax Code (when bought/when sold), adalah kode pajak yang dikenakan pada saat pembelian dan penjualan (PPN/Non PPN).
· Minimum Level, informasi jumlah item terendah, dan MYOB akan
memberikan peringatan bila jumlah item berada dibawah nilai ini.
· Selling Price, harga jual
· Price Level, level harga, anda bisa menetapkan 6 (enam) level harga
yang berbeda untuk masing-masing item, yang kemudian dapat diterapkan
kepada jenis pelanggan yang berbeda.
Persiapan data menggunakan Excel
1. Buatlah masing-masing data sesuai dengan contoh di atas pada aplikasi MS Excel.
2. Format seluruh kolom menjadi Text, melalui menu Format > Cells > pilih Category Text pada tab Number.
3. Simpan sebagai Text File Tab Delimited, dengan menggunakan menu
File > Save As dan pilih ‘Text (Tab Delimited) (*.txt)’ pada pilihan
‘Save as type’.
Dengan langkah sederhana ini, data anda siap untuk diimpor ke dalam file data MYOB.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
Nah yang udah tau cara gunain MYOB tapi dapat MYOB yang trial aja... Cari diinternet pusing... mendingan ke saya, Saya punya Myob PREMIER 7.5, iya PREMIER yang bisa multi Currency, Multi User, Tanpa Registrasi Online dan FUll Version bisa jalan di windows 10. Calling saya di 0813 48 021 778 (WA Available)
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
Posting Komentar